SISTER (Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi) mulai diimplementasikan dalam kegiatan sertifikasi dosen mulai tahun 2019. Tahun 2020 ini menjadi tahun kedua platform ini diujicobakan. Karena kami sebagai pelaku langsung pada 2019 ijinkan kami berbagi sedikit tips agar dosen dapat lolos sertifikasi. Pada bagian ini kita akan fokus kepada bagaimana supaya data kita eligible.

Eligible serdos merupakan tahapan pertama dimana kita akan melalui tahapan panjang pelaksanaan serdos. Pertanyaannya apakah semuanya dosen dapat eligible? Tentunya semua dosen dapat eligible jika memenuhi syarat, dan tentunya data eligible tersebut diambilkan dari sister.

Oh iya sister yang dimaksud disini adalah sister perguruan tinggi ya, bukan sister yang miliknya kementrian. Jadi pastikan kampus kalian memiliki sister untuk kalian dapat ikut serta dalam sertifikasi dosen 2020. Contoh alamat sister perguruan tinggi atau universitas adalah sebagai berikut http://sister.unipma.ac.id/auth/login

Sebagai contoh seluruh dosen di Universitas PGRI Madiun dapat mengakses SISTER dengan menggunkan username dan password yang dimilikinya masing-masing. Jika ada yang lupa usernamenya kami kasih klue kalau username nya adalah email.

Kenapa Dosen Tidak Eligible??

  • Dosen tidak eligible karena data Jabatan Fungsional belum memenuhi. Perlu diketahui seorang dosen dapat mengikuti sertifikasi adalah minimal memiliki jabatan fungsional Assisten Ahli
  • Dosen tidak eligible karena data Pendidikan Terakhir belum terupdate di SISTER. Data pendidikan terakhir yang menjadi syarat agar seorang dosen dapat eligible serdos adalah magister/master atau S2.
  • Dosen tidak eligible karena data Kepangkatan belum terupdate di SISTER. Seroang dosen swasta yang telah memiliki jabatan akademik selanjutnya mengurus inpassing kepangkatan, data inpassing kepangkatan ini yang menjadi syarat dosen dapat eligible ikut serdos.
  • Dosen tidak eligible karena data TMMD (Tanggal Mulai Menjadi Dosen) tidak valid
  • Dosen tidak eligible karena data NPWP belum diunggah pada SISTER.

SOLUSINYA…

Jika bapak/ibu dosen merasa sudah memenuhi kriteria tersebut diatas semua, akan tetapi belum eligible maka alangkah lebih baik segera buka SISTER kampusnya masing-masing dan lakukan perbaikan data. Perbaikan Data ini memiliki unsur validasi berjenjang mulai dari validasi admin kepegawaian kampus sampaiĀ  dengan persetujuan dari admin LLDIKTI bagi dosen di kampus swasta.

Jika ada satu yang belum dari kriteria tersebut diatas alangkah lebih baiknya senantiasa berusaha memenuhi persyaratan minimum tersebut.

 

Agar dosen eligible di Serdos 2020
Tagged on:         

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *