Bagaimana caranya agar artikel dijurnal saya terindeks google scholar?

Sering mendapatkan pertanyaan bagaimana artikel saya dapat terindeks google scholar.  Beberapa pengelola jurnal yang sedang beralih dari pengelolaan jurnal cetak ke elektronik menginginkan artikelnya dapat terindeks google scholar, salah satu alasan yang sering saya jumpai supaya meningkatan keterbacaan jurnal yang mereka kelola. Syarat utama artikel yang kita kelola dapat masuk di google scholar adalah adanya artikel dalam website jurnal yang kita kelola, karena kalau tidak ada artikel yang dikelola bagaimana bisa terindeks di google scholar. Pada prinsipnya Google Scholar menerima naskah akademik mereka menerima artikel jurnal, artikel hasil seminar (prosiding), laporan teknis, disertasi, tesis, skripsi, post-print, pre-print dan abstrak.
Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan agar artikel jurnal kita dapat ditelusuri di google scholar.

Kunjungi alamat google scholar inclusion

Tampilan yang akan mucul ketika anda mengunjungi alamat tersebut adalah sebagai berikut:

Gambar 1. Tampilan google scholar Inclusion

Pada prinsipnya google scholar menerima naskah akademik dari beberapa paltform diantaranya; DSpace Repository, EPrints Repository, Other Repository, Open Journal System, Other Journal Website, dan Personal website. Fokus pada kesempatan ini kita akan bahas terkait dengan Open Journal System (OJS). Langkah selanjutnya pada gambar 1 arahkan krusor pada kotak yang bertuliskan Open Journal System (OJS) sehingga tampilan browser anda berubah seperti yang ditunjukkan pada gambar 2.

Gambar 2. Isian untun mendaftarkan web OJS kita ke google scholar

Langkah selanjtunya yang harus kita lakukan ialah mencentang cek box seperti yang ada pada gambar 2, selanjutnya mengisikan form isian pertanyaan yang harus dijawab meliputi ada berapa jumlah artikel yang ada di web tersebut, alamat web tersebut dan nama saudara serta email aktif saudara.  Berikut kami sampikan contoh isian yang pernah kami lakukan pada gambar 3.

Gambar 3. Isian form

Selanjutnya jangan lupa untuk klik submit, maka anda akan mendapatkan email dari google scholar perihal proses permohonan anda. Tim verfikasi biasanya membutuhkan waktu 4-6 minggu untuk memutuskan merima atau tidak permohonan saudara. Demikikan yang dapat saya sampaikan mudah-mudahan ada manfaatnya, terimakasih.

Agar artikel jurnal terindeks Google Scholar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *