Dalam dunia akademik menulis artikel ilmiah merupakan sebuah kebiasan baik yang harus dilakukan untuk senantiasa menjaga kesinambungan perkembangan ilmu pengetahuan. Artikel ilmiah yang kita diskusikan disini ialah artikel ilmiah yang diterbitkan pada jurnal dan prosiding. Berbagai macam tujuan yang ingin dicapai dari sebuah hasil karya ilmiah yang disusun.

Seorang yang sedang menempuh studi S1, S2 dan S3 menghasilkan karya ilmiah dalam jurnal dan prosiding dengan tujuan digunakan sebagai salah satu persayaratan untuk memenuhi gelar yang ingin dicapai. Ada yang menulis artikel ilmiah untuk kenaikan jabatan akademik, untuk kenaikan pangkat dan golongan. Semua tujuan yang akan dicapai tergantung kepada kebutuhan. Tujuan yang ingin dicapai tersebut selalu menggunakan sebuah persyaratan agar artikel yang telah diterbitkan bisa digunakan.

Menulis artikel ilmiah pada dasarnya adalah menyebar luaskan informasi, data dan pengetahuan. Disebarluaskan kepada siapa?kepada mereka semua yang membutuhkan guna penyebarluasan ilmu pengetahuan. Apapun tujuan menulis dan menghasilkan karya mudah-mudahan terbebas dari segala kesulitan dan diberikan kelancaran.

Apa tujuan Menulis Artikel Ilmiah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *