Akun sister bagi dosen baru

Setiap dosen yang telah memiliki nomor induk dosen nasional (NIDN), NUP, NIDK dapat memiliki akses akun dosen kedalam SISTER (Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi). Akun sister ini menjadi milik dosen seutuhnya dimana admin perguruan tinggi pun tidak dapat mengetahui password yang kita gunakan saaat pertama kali mendaftar. Maka salah satu warningnya adalah pastikan email yang digunakan kita ketahui passwordnya, karena salah satunya jalan ketika kita lupa password kita hanya bisa gunakan fasilitas lupa password tidak bisa menggunakan fasilitas tanya admin.

Langkah-langkah melakukan pendaftaran sebagai berikut

  1.  Buka laman (website) SISTER sesuai dengan alamat perguruan tinggi masing-masing. Contoh: sister.unipma.ac.id/auth/login
  2. Buka halaman registrasi dengan cara memilih menu “Daftar di sini” untuk memulai pendaftaran
  3. Isikan NIDN dan alamat email untuk memulai pendaftaran. Klik tombol “Register”. Sistem akan secara otomatis mengirimkan link (tautan) aktivasi ke email yang digunakan ketika mendaftar.
  4. Buka email yang digunakan untuk mendaftar SISTER.
  5. Lakukan aktivasi dengan cara mengklik link (tautan) yang  ada pada email.
  6. Setelah diaktivasi, akun sudah dapat digunakan untuk login ke laman SISTER

Jika memiliki kendala, pastikan NIDN  yang baru didapatkan sudah masuk dalam database server lokal sister, maka salah satu tugas admin pt dalam hal ini berkaitan dengan sister adalah memastikan server sister tidak boleh mati dan melakukan sinkronisasi. Sinkronisasi secara lebih lanjut akan dibahas dalam bahasan tersendiri. Salah satu efek WFH adalah produktifitas menulis walaupun menulisnya baru sekedar menulis di blog ini. Mudah-mudahan senantiasa didapatkan manfaat dari tulisan-tulisan receh di website ini.

 

Dosen baru berikut tahapan untuk dapat mendapatkan akun sister
Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *