Bertempat di Aula serba guna STKIP Modern Ngawi, pada 19 Desember 2019 kami diberikan kesempatan untuk menyampaikan materi terkait dengan kiat penulisan artikel ilmiah di Jurnal Nasional Terkareditasi bagi mahasiswa program studi PENJASKESREK. Acara diikuti oleh 100an peserta yang terdiri dari staf pengajar (dosen) dan mahasiswa.

Mahasiswa antusias dalam menyimak paparan, beberapa tertarik untuk belajar lebih lanjut bagaimana memanfaatkan software refences dalam membantu mereka menulis karya ilmiah mereka. Selama ini fokus pendampingan hanya menyasar kepada pengelola jurnal saja, hal ini mengakibatkan gap literasi yang ada antara penulis dan pengelola jurnal. Penulis potensial yang berasal dari kalangan mahasiswa perlu disentuh bagaimana mereka menyiapkan naskah artikel yang baik, yang sesuai dengan kriteria jurnal yang dituju. Bagaimana cara mereka untuk mendaftarkan untuk mendapatkan akun sampai dengan mengirimkan naskah, serta bagaiman mereka berkomunikasi dengan para editor terkait dengan progress naskah/artikel yang mereka kirimkan, serta permohonan LoA. Pada kesempatan tersebut lebih banyak tips dan trik serta motivasi menulis artikel ilmiah kepada mahasiswa.

Ucapan terimakasih kepada segenap pimpinan STKIP Modern Ngawi, Khususnya kepada Kaprodi Penjaskesrek atas kepercayaan yang diberikan kepada saya.  Semoga cita-cita teman-teman prodi pejaskesrek untuk segera memiliki jurnal dapat segera terwujud, dan saya sangat antusias untuk terlibat dalam proyek kerjasama selanjutnya dalam pendampingan pengelolaan jurnal.

Membersamai mahasiswa dengan pelatihan penulisan Artikel Ilmiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *