Kenapa jurnal di Indonesia punya google scholar?

Berikut merupakan pertanyaan salah satu teman managing editor DOAJ dari India. Argumentasi yang disampaikan adalah bukannya google scholar profile itu untuk peneliti bukan untuk jurnal.

Pertayaan dan peryataan yang disampaikan tersebut memang benar adanya. Tetapi ada alasan tersendiri mengapa hampir mayoritas jurnal di Indonesia memiliki google scholar profile. Seluruh jurnal yang dikelola di Indonesia diarahkan untuk menjadi jurnal terakreditasi nasional. Jadi pemerintah Indonesia melalui Kemenristekdikti (dulu) sekarang kemenristek/brin mengklusterisasi jurnal yang ada dengan peringkat SINTA. Peringkat SINTA itu dimulai dari peringkat Sinta 1- Sinta 6.

Salah satu syarat jurnal dapat mendapatkan perdikat/pengakuan/terkareditasi maka jurnal tersebut harus mengisi borang yang ada pada ARJUNA. Dan perlu kita garis bawahi salah satu item pertanyaan borang yang harus diisi oleh para pengelola jurnal saat melakukan akreditasi adalah dampak ilmiah. Nah mulai dari sinilah benang merahnya muncul yakni salah satu instrumen yang dapat mengukur dampak ilmiah sebuah jurnal adalah sitasi dari jurnal tersebut. Sitasi dari jurnal tersebut dapat diketahui dari profilĀ google scholar jurnal.

Jadi hampir semua jurnal yang diterbitkan oleh perguran tinggi, lembaga riset, lembaga litbang, asosiasi profesi yang ada di Indonesia pasti memiliki profil google scholar.

Profil Google Scholar Jurnal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *